11+ Teknik Dasar Tenis Meja Beserta Penjelasannya Lengkap

Teknik Dasar Tenis MejaTenis meja merupakan permainan yang dimainkan oleh dua orang dengan menggunakan bola berukuran kecil. Olahraga ini dibutukan kecepatan dalam pergerakan tangan dan mata untuk melihat arah datangnya bola. Istilah lain permainan ini adalah bola ping pong. Dalam memainkanya harus menguasai teknik dasar tenis meja dahulu. Karena semua jenis olahraga mempunyai teknik dan aturan masing-masing.’

Permainan tenis meja ini sudah populer di seluruh dunia, bahkan sering dijadikan olimpiade olahraga internasional. Pada zaman dulu olahraga ini memang termasuk jenis olahraga elit atau kelas atas. Namun perkembangan permainan tersebut membuat semua orang dapat bermain dan melakukan olahraga tersebut kapan saja.

Teknik Dasar Tenis Meja

Teknik Dasar Tenis Meja

Teknik Dasar Tenis MejaPermainan tenis meja ini mempunyai beberapa teknik dasar yang harus dikuasai dengan baik. Beberapa teknik tersebut adalah terbagi seperti di bawah ini.

Teknik Grip

Teknik grip merupakan teknik memegang raket dengan baik dan benar. Teknik ini adalah teknik paling dasar atau utama yang harus dikuasai. Dalam teknik grip terdapat beberapa cara yang akan mempengaruhi performa permainan. 3 jenis teknik grip ini adalah.

Penholder grip

Teknik Penhold Grip

Teknik grip ini adalah teknik memegang bet dengan fokus utama pada tangan. Teknik ini digunakan untuk para pemain yang sudah mahir dan jarang digunakan di Asia. Untuk melakukan teknik ini dilakukan dengan memegang bet ke bawah dengan pegangan menghadap atas. Bet tersebut harus dipegang dengan erat dengan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari.

READ  Teknik Dasar Bulu Tangkis Lengkap Disertai Gambar Dan Video

Shakehand grip

Teknik grip ini paling banyak digunakan oleh semua orang. Karena teknik ini mempunyai peluang besar untuk mencetak point dan menyerang kembali serangan lawan. Cara menggunakan teknik ini adalah dengan memposisikan bet tegak lurus dengan lantai, lalu pegang bet seperti sedang bersalaman, dengan jari telunjuk diluruskan ke bawah. Pegangan tersebut harus kuat dan bertenaga.

Seemiller grip

Teknik Seemiller grip

Teknik grip terakhir ini hampir sama dengan teknik sebelumnya, hanya posisi tangan yang membedakan teknik tersebut. Teknik ini dilakukan dengan memegang bet sehingga bisa diputar sekitar 20 hingga 90 derajat, sehingga pukulan yang dihasilkan kuat dan tidak dapat dijangkau oleh lawan.

Teknik Footwork

Teknik ini diperlukan juga pergerakan kaki yang lincah. Sehingga perlu mempelajari teknik footwork ini. Teknik ini dilakukan dengan memposisikan kaki yang berada di bawah meja tenis. Sehingga arah kaki sesuai dengan pergerakan tangan dan badan saat bermain atau menyerang.

Teknik ini harus diperhatikan dengan baik agar tidak terjadi cidera pada kaki. Selain itu pemain juga harus memperhatikan pergerakan bola yang datang. Teknik ini dapat dilihat pada gambar. Teknik dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Bagian lutut ditekuk sedikit, dan badan dibagi rata pada kedua kaki. Sehingga tumpuan berat badan berada pada ujung kaki.
  2. Geser kaki kiri atau kaki kanan jika ingin bergerak atau lengkah. Sehingga berat badan tetap dalam posisi yang baik dan sempurna.
  3. Pada bagian kaki mengikuti pergerakan badan saat memukul bola. Posisi badan dan kaki harus seimbang agar badan tetap stabil dan tidak goyah.

Teknik Stance

Teknik Dasar Tenis Meja
Teknik Dasar Tenis Meja

Teknik stance adalah teknik mendasar dalam tenis meja. Teknik ini dilakukan untuk bersiap dan memnempatkan posisi tangan dan kaki serta badan. Sehingga jika ditetahui ada serangan dari lawan dapat langsung ditangkas dengan bak dan tepat. Teknik ini juga terdapat beberapa jenis, yaitu.

READ  27 Contoh Gambar dan Teks Iklan Layanan Masyarakat yang Menarik dari Seluruh Dunia

Teknik Dasar Tenis Meja

Square stance

Teknik ini dilakukan saat posisi badan menghadap pada meja tenis. Teknik square menjadi dasar yang digunakan para pemain tenis meja untuk menerima serangan bola dari lawan. Sehingga pemain siap memberikan serangan kembali.

Teknik ini dilakukan dengan posisi kaki digerakan ke depan dan belakang secara diagonal. Dan pemain bisa melakukan gerakan badan dan tangan sesuai pergerakan kaki.

Side stance

Teknik yang kedua dilakukan dengan posisi menyamping ke kanan atau kiri. Pemain dapat memposisikan badan dekat dengan net khususnya saat ingin melakukan serangan. Teknik ini dapat dilakukan dengan memakai tangan kiri jika pemain kidal atau tangan tangan sesuai dengan keinginan pemain.

Teknik Memukul

Teknik Dasar Memukul Tenis Meja
Teknik Dasar Memukul Tenis Meja

Teknik memukul juga menjadi teknik dasar bermain tenis meja. Saat memukul bola, kekuatan berada pada tangan sehingga semua tenaga disalurkan dengan baik melalui posisi tubuh dan kaki yang baik. Agar pukulan yang dihasilkan juga sempurna. Teknik memukul ini juga mempunyai beberapa jenis seperti berikut :

Teknik Forehand

Teknik memukul ini dilakukan dengan posisi tubuh sebelah kanan. Posisi tubuh lebih rendah dan tangan memegang bet sambil menggerakan arag pinggang kanan. Siku akan membentuk sudut 90 derajat. Sehingga pemain dalam menggerakan tangan untuk melakukan pukulan dengan baik dan kuat.

Teknik Backhand

Teknik ini dilakukan pada posisi kiri tubuh. Pemain dapat merendahkan posisi tubuh dan menggerakan tangan ke arah pinggang sebelah kiri. Sehingga siku juga membentuk sudut 90 derajat dan bet dapat digerakan sesuai dengan arah datangnya bola. Siku harus dijaga pergerakanya dengan baik dan lurus.

Teknik Servis

Teknik Servis Tenis Meja
Teknik Servis Tenis Meja

Teknik ini dilakukan untuk memukul bola. Sevis ada beberapa type yaitu backhand topspin, forehand topspin, backhand backspin dan forehand backspin. Teknik topspin ini merupakan teknik arah putaran bola dengan arah sama dengan jarum jam, sedangkan untuk backspin merupakan putaran bola yang berlawanan dengan jarum jam.

READ  10 Macam Bencana Alam di Indonesia dan Dunia beserta Pengertian dan Penjelasannya

Teknik Chop

 

Teknik ini digunakan untuk bertahan atau pertahanan. Tekniknya hampir sama dengan pukulan forehand, namun posisi bet dilakukan dengan sedikit terbuka. Posisi tersebut dilakukan untuk dapat kontak bola yang ada pada sisi kiri.

Teknik Push

Teknik push dilakukan dengan menghadapi backspin. Teknik ini bertujuan agar bola tidak melambung tinggi. Push dilakukan dengan memperhatikan posisi bet dengan sedikit terbuka dan digerakan ke depan dan ke bawah secara cepat dan tepat.

Teknik Drive

Teknik Drive

Jenis pukulan ini dilakukan dengan cepat dan keras dengan gerakan awal maju ke depan. Teknik ini disertai dengan gerakan tubuh memutar ke depan sekitar 30 derajat. Pemain juga harus menguatkan pergelangan tangan agar bet tidak berubah posisinya. Teknik drive ini mengandalkan kekuatan tangan sehingga posisi badan dan kaki harus seimbang agar dapat menompa tubuh dengan baik.

Teknik Block

Teknik block adalah teknik mengembalikan pukulan keras yang diarahkan oleh lawan. Teknik ini termasuk teknik sederhana karena pemain hanya perlu memantulkan bola agar tidak masuk dalam net. Cara yang dilakukan dengan memfokuskan arah datangnya bola, dan gerakan tangan cepat untuk memukul kembali bola tersebut.

Teknik dasar tenis meja merupakan aturan awal permainan yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Karena setiap permainan dilakukan dengan berpasangan, sehingga diperlukan aturan atau teknik yang menjadi acuan dan pedoman permainan tersebut. Termasuk juga teknik dalam bermain tenis meja. Teknik dilakukan dengan tujuan untuk menghindari adanya cidera atau lainya yang merugikan salah satu pemain.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: