alun alun kota lumajang

Ini Loh Tempat Wisata Lumajang Yang Harus Sempat Kamu Kunjungi!

Tempat Wisata Kota Lumajang – Kamu pernah bosan? Penat, sumpek atau apapun yang satu spesies dengan itu?. Coba deh walking-walking (jalan-jalan) ke Lumajang. Kota kecil dengan beragam potensi alam yang memang sengaja ngga dipublikasikan secara keseluruhan. Nah, berikut ini ada ulasan mengenai beberapa lokasi wisata di Lumajang yang instagramabel dan tentunya bisa mengusir segala kerupekanmu.

Tempat Wisata Lumajang Puncak Bukit 29

destinasi wisata lumajang b29

Lokasi Puncak Bukit 29 berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Disebut B 29 karena puncaknya terletak di ketinggian 2.900 mdpl. Kawasan B-29 ini masih satu payung dengan Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bukan hanya disuguhi pemandangan gunung Semeru. Dari atas ketinggian puncak B 29 pula kamu bisa melihat pemandangan Gunung Bromo. Kalua kamu mulai jalan agak kepagian, kamu bakal mendapati kepulan awan yang begitu rapi dipandang. Itulah mengapa tempat ini juga akrab disebut sebagai “Negeri di Atas Awan".

Dari pusat Kota Lumajang, arahkan kendaraanmu menuju Kecamatan Senduro. Kemudian lewatlah ke arah Pura Mandara Giri Semeru Agung, menuju Desa Kandang Tepus. Setelah Desa Kandang Tepus, kamu akan melewati jalanan terjal tanpa penghuni dan gelap gulita saat malam untuk menuju desa terakhir Argosari. Jarak tempuh dari pusat Kota Lumajang sampai Desa Argosari sekitar 40 km, atau sekitar 1 jam perjalanan. Untuk masuk ke kawasan ini, kamu akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 3000,00. Sedangkan biaya parkirnya berkisar antara Rp. 2000,00 – Rp. 5000,00 tergantung kendaraan yang kamu pakai.

Tempat Wisata Lumajang Kebun Teh Gucialit

agrowisata lumajang kebun teh

Bertumbuh subur di Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Bukan cuma mantengin hamparan hijau kebun teh, kamu juga bisa menemukan beberapa air terjun di sini, antara lain Air Terjun Manggisan, Air Terjun Semingkir, dan lain sebagainya. Selain itu, disini juga tersediapenginapan buat yang ingin bermalam sembari menikmati suasana malam di dekat Pabrik Teh Kertowono yang dibangun pada masa penjajahan Kolonial Belanda.

Apabila kamupengen datang kemari, kamu tingga menebus uang masuk sebesar Rp. 5000,00. Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan roda dua. Tapi, kalau kamu memakai kendaraan roda empat, tinggal menambah biaya seharga Rp. 3000,00. Moga-moga harganya ngga naik ya? Cus liburan.

Tempat Wisata Lumajang Ranu Klakah

tempat wisata kota lumajang ranu klakah

Danau satu ini terbentuk secara alami dari letusan Gunung Lemongan. Danau ini merupakan danau terluas dan terbesar diantara ketiga danau yang berada di lereng gunung tersebut. Keadaannya begitu alami dan menjadi salah satu tempat favorit untuk mencari ikan oleh masyarakat sekitar.

Ranu Klakah terletak di desa Tegal Randu, kecamatan Klakah, kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ketinggian Ranu Klakah sekira 900 mdpl dengan luas 22 hektar dan kedalaman mencapai 30 meter.

Tempat Wisata Lumajang Ranu Bedalidestinasi wisata lumajang ranu bedali

Kata Ranu berasal dari bahasa jawa kuno (kawi) yang berarti danau atau kolam.Ada beberapa karakteristik danau diantaranya adalah mempunyai air yang cukup dalam, terdapat beberapa tumbuhan air yang menutupi sebagian tepi danau, terdapat gelombang kecil yang ada di permukaan danau dan mempunyai permukaan yang lebih tinggi daripada permukaan air laut.

Baca Juga :

Ranu Bedali mempunyai panorama yang sangat indah, di pagi hari tampak hijau dan sejuk karena masih diselimuti kabut. Dari kejauhan tampak jelas pesona keindahannya. Ranu Bedali termasuk dari segi tiga ranu yang ada di wilayah utara Kabupaten Lumajang, dua diantaranya yakni Ranu Pakis dan Ranu Klakah. Yang membedakan Ranu Bedali dengan dua ranu lainnya adalah view yang ada pada Ranu Bedali lebih eksotis dan tingkat kecuramannya lebih dalam dibandingkan dengan Ranu Pakis dan Ranu Klakah.

Tempat Wisata Lumajang Ranu Pakis

PerjalananRanu Pakis dapat dijangkau kurang lebih 20km dari kota Lumajang. Rute yang anda ambil sama dengan rute yang ditempuh saat anda akan mengunjungi Ranu Klakah. Bedanya apabila anda mengunjungi Ranu Klakah, setelah memasuki jalan pertama anda akan menemui pertigaan belok ke kiri namun apabila anda ingin mengunjungi Ranu Pakis di pertigaan anda belok ke kanan. jadi terserah anda akan mengunjungi ranu yang mana yang akan anda kunjungi terlebih dahulu.

Beberapa ratus meter dari gerbang masuk obyek wisata Ranu Klakah, pengunjung memasuki kawasan danau Ranu Klakah tepatnya di daerah pintu air keluar danau. Area parkir yang disediakan hanya untuk kendaraan roda dua saja, sedangkan kendaraan roda empat dipersilakan parkir di tepi jalan.

Untuk parkir di tepi jalan pun kendaraan roda empat sedikit kesulitan karena kondisi jalan yang sempit dan sangat berhimpit ketika keduanya berpapasan. Hal ini sebagai kritik sekaligus saran agar dibuatkan area parkir untuk kendaraan roda empat.

Tempat Wisata Lumajang Selokambang

Nama Selokambang sendiri bermakna batu yang terapung. Disamping itu, terdapat banyak cerita soal asal usul pemandian Selokambang. Di antaranya menurut legenda, pada waktu pemerintahan kerajaan Majapahit ada seseorang yang menyelamatkan diri dari peperangan dan menyembuyikan sesuatu di balik batu besar di tepi danau.

Dengan bantuan petapa sakti, batu tersebut digeser dan masuk ke danau. Anehnya, batu itu tidak tenggelam melainkan terapung sehingga dinamai batu apung (selokambang).

Tempat Wisata Lumajang Ranu Kumbolo

Estetika tempat wisata Ranu Kumbolo yang masuk pada kabupaten Lumajang ini memang selaras dengan ketenaran gunung Semeru yang membuat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara melewati Ranu Kumbolo ketika hendak ke puncak Gunung Semeru maupun menjadikan Ranu Kumbolo sebagai objek wisata mereka.

surga alam ini berada pada ketinggian ketinggian 2.400 mdpl dan berlokasi wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan luas lahan sekitar 10 Ha.

Tempat Wisata Lumajang Air Terjun Tumpak Sewu

Barangkali sudha tidak asing dengan gambar maupun foto yang beredar di media sosial maupun online. Namun terkadang masih asing dengan namanya. Lumbung air satu ini bernama Tumpak Sewu. Sebagai informasi sebagian kalangan mengatakan Air Terjun Niagara di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada memang disebut-sebut sebagai obyek wisata kelas dunia.

Namun, siapa sangka Indonesia pun punya air terjun yang serupa namun tak sama. Adalah Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang memiliki banyak aliran air terjun. Para pengunjung baik lokal maupun mancanegara semakin bertambah setiap hari.

Pronojiwo Lumajang merupakan sebuah wisata goa yang didalamnya dipenuhi dengan keragaman stalagmit dan stalagtit yang eksotis. Goa ini memiliki warna kuning keemasan. Warna tersebut tercipta karena adanya bebatuan di sekeliling goa yang tercampur dengan belerang.

Tempat Wisata Lumajang Wisata Goa Tetes Lumajang

Tidak jauh dari Tumpak Sewu, kamu bisa lanjutkan penjelajahan menuju Goa Tetes. Barangkali kamu juga mulai lelah pasca berjibaku melangkah dari terjalnya jalan setapak di Tumpak Sewu. Meskipun perjalanan menuju lokasi Goa lumayan melelahkan, namun semua itu akan lunas dengan irama pemandangan yang ada di sepanjang jalan, sehingga perjalanan pun terasa menyenangkan dan harmoni. Ketika kamu menyusuri jalan setapak yang menuju lokasi wisata, kamu akan jumpaisusunan tebing, tumbuh tumbuhan, dan lumut yang mempesona.

Tempat Wisata Lumajang Hutan Bambu

Obyek wisata satu ini merupakan pilihan wisata yang menawarkan panorama menarik dan hawa yang begitu sejuk. Terletak di sebuah desa kecil dan berada tepat di lereng Gunung Semeru, Lebih tepatnya Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro serta masih berada di Kabupaten Lumajang pastinya.

Kalau hutannya sendiri ini memiliki luas kurang lebih sekitar 14 hektar, sedangkan hutan bambu sendiri menapaki jarak tempuh sekitar 30 kilometer jika ditempuh dari pusat Kota Lumajang.Kamu bisa mencapai Hutan Bambu dengan kendaraan pribadi baik mengendarai mobil maupun motor.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata kota Lumajang yang bisa kamu nikmati pada saat-saat libur panjang tiba. Btw, bagi teman-teman daerah malang yang sedang cari travel, silahkan ke website kami Travel Malang Surabaya ya. Semoga informasi sekilas tentang tempat wisata lumajang ini bermanfaat.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar