Tips dan Cara Meningkatkan Skill Menggambar untuk Pemula

Cara Meningkatkan Skill Menggambar Untuk Pemula sebenarnya mudah asalkan Anda memiliki kemauan yang kuat untuk belajar. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menggambar, meskipun Anda seorang pemula.

Berikut adalah beberapa hal yang secara pasti bisa meningkatkan skill atau kemampuan menggambar Anda:

  1. Sering berlatih

tips meningkatkan skill menggambar untuk pemula sering berlatih

Meskipun terdengar klasik, pada kenyataannya banyak dari mereka yang gagal menjadi seorang seniman hanya karena kurang berlatih. Skill menggambar adalah suatu keahlian yang harus dilatih secara terus menerus. Cobalah terus berlatih menggambar dan tuangkan setiap imajinasi yang terlintas pada kertas. Gunakanlah waktu luang seperti saat sedang menunggu,  istirahat kerja dan waktu senggang lainnya untuk menggambar hal-hal menarik yang di sekitar Anda.

  1. Percaya diri

tips meningkatkan skill menggambar untuk pemula percaya diri

Walaupun Anda masih pemula, jangan minder dan tertekan saat melihat hasil gambar. Karena hal tersebut merupakan proses belajar Anda. Gambarlah hal-hal yang menyenangkan, sehingga perasaan Anda bisa tersalurkan pada gambar yang dibuat. Kebanyakan seniman tentunya ingin hasil seninya sesuai dengan apa yang diharapkan. Tapi jika selalu berpikir demikian, Anda tidak akan pernah mencoba untuk memulainya. Anda hanya akan khawatir jika gambar yang dibuat tidak sesuai dengan yang diinginkan sehingga tidak bisa konsentrasi dalam menggambar. Buat diri Anda santai dan mulailah menggambar dengan nyaman.

  1. Original

tips meningkatkan skill menggambar untuk pemula Menjadi diri sendiri

Dalam dunia seni, penjiplakan ataupun meniru adalah suatu hal yang sangat dilarang keras. Untuk belajar, Anda masih diperbolehkan untuk meniru karya orang lain. Oleh karena itu, Cara Meningkatkan Skill Menggambar Untuk Pemula selanjutnya adalah buatlah karya original.

READ  Cara Simple Menggambar Doodle Art Keren (Dilengkapi Contoh Gambar)

 

 

Tips dan Cara Meningkatkan Skill Menggambar untuk Pemula

 

Selanjutnya selain tiga hal di atas, Anda dapat melakukan beberapa tips yang akan saya jabarkan berikut ini saat Anda sedang menggambar. Dengan demikian kemampuan menggambar Anda akan bisa meningkat pesat.

 

Skill menggambar merupakan suatu hal yang bisa dilatih secara terus menerus. Apabila Anda berniat untuk meningkatkan keahlian ini, maka hal yang wajib dilakukan adalah fokus. Seni menggambar wajah dengan pensil begitu populer di kalangan para seniman. Lantas bagaimana Cara Menggambar Wajah Menggunakan Pensil untuk Anda yang masih pemula? Berikut beberapa tips dan caranya:

  1. Gunakan Cahaya yang Cukup

Sinar lampu yang terlalu redup akan membuat Anda melewatkan detail-detail gambar dari pensil.

 

  1. Alasi tangan dengan kertas atau tisu

Mengingat bahwa kertas cenderung mudah kotor dan basah. Sehingga Anda harus berhati-hati agar kertas menggambar tidak kotor terkena keringat.

 

  1. Gunakan pensil yang bagus

tips meningkatkan skill menggambar untuk pemula miliki pensil yang baik

Pastikan jika Anda menggunakan pensil yang bagus agar setiap goresan akan menghasilkan gambar yang bagus pula.

 

  1. Pahami karakter tokoh yang digambar

Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, langkah yang perlu Anda lakukan tentu saja menggambar. Untuk bisa menggambar wajar dengan pensil, Anda harus memahami karakter wajah tokoh yang akan dibuat.

 

  1. Buat sketsa dengan garis-garis tipis sembarang

sketsa wajah

Dengan membuat sketsa garis percobaan ini, Anda bisa menemukan garis bentuk wajah yang diinginkan.

 

  1. Gunakan literatur anatomi wajah

Carilah literatur tentang anatomi manusia atau wajah yang akan dijadikan subjek menggambar. Dengan begitu, hasil gambar Anda akan terlihat sama persis seperti subjek yang digambar.

 

  1. Analisis bagian dasar gambar

Cara Menggambar Wajah Menggunakan Pensil yang terakhir, Anda analisis bagian dasar gambar untuk mengurangi bagian yang dianggap tidak perlu atau menambahkan garis yang dilihat penting. Jika Anda bisa menerapkan cara-cara tersebut, maka skill menggambar Anda akan semakin meningkat.

READ  Sineas itu Keren Loh! Inilah 7 Alasan Kenapa Pekerjaan Ini Banyak Diminati di Indonesia

 

Demikianlah tips-tips dan cara meningkatkan skill menggambar yang dapat Anda praktekan. Yuk kita lanjutkan pembahasan ini di kolom komentar.

 

Artikel Ditulis Oleh : Royal Jelly Jafra

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: