Tips Membeli Laptop Bekas

17 Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tetap Berkualitas

Tips Membeli Laptop Bekas
Via www.arenalaptop.com

Tips membeli laptop bekas – Laptop adalah barang yang paling umum dibutuhkan oleh banyak manusia di jaman modern ini. Namun beberapa diantara kita mempunyai keterbatasan untuk mampu membelinya dengan kondisi baru.

Solusi yang dapat mereka ambil adalah dengan membeli laptop dengan kondisi bekas. Bekas bukan berarti sudah jelek atau kurang layak pakai. Karena masih banyak laptop bekas yang layak pakai yang bahkan performanya bersaing dengan laptop-laptop baru lainnya. Termasuk yang saat ini digunakan oleh penulis Obatrindu ini. Hehe,

Oleh karena hal itu, disini saya akan mencoba mengulas tips membeli laptop bekas. Bagian dari pengalaman saya akan tulis dibawah ini agar para pembaca yang ingin membeli laptop bekas tidak kecewa dengan laptop yang berhasil dibeli dan bahkan awet dan merasa puas.

1. Jangan Pernah Membeli Laptop Bekas Online

Tips membeli laptop online
Via www.toratina.com

Godaan bagi kita yang sudah terbiasa instan dan tidak mau repot untuk membeli barang, membeli secara online. Namun untuk kali ini, jangan pernah coba-coba membeli Laptop bekas anda secara online.

Kenapa? Alasan yang cukup simpel. Kalian tidak pernah bisa untuk memeriksa laptop yang ingin kalian beli sebelum pembelian disepakati. Banyak sudah yang tertipu oleh penjual dengan mengatakan ini atau itu. Tapi setelah sampai di tangan pembeli, laptop rusak atau bahkan mati. Kan rugi jadinya.

2. Cek Harga Pasaran Laptop Bekas

harga laptop bekas
Via webbisnis.com

Ketika membeli laptop bekas adalah keputusan akhir kamu, jangan lupa untuk mengecek harga pasaran laptop bekas tersebut. Cari saja di tempat jual beli online terpercaya yang ada barang bekasnya atau di situs review laptop yang selalu up to date.

Dengan begitu, kalian akan bisa untuk lebih mudah dalam melakukan penawaran kepada penjual untuk mendapatkan harga terbaik untuk laptop bekas tersebut. Atau bahkan bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

3. Mengetahui Lama Penggunaan

Laptop merupakan barang elektronik. Dan semakin lama penggunaannya, maka itu juga berpengaruh terhadap kualitas perangkat didalamnya. Obatrindu sarankan untuk kawan-kawan yang sedang membeli laptop bekas untuk memilih dan mengutamakan laptop yang berumur tidak lebih dari satu tahun.

tips membeli laptop bekas
Via www.merdeka.com

Ini dikarenakan pada umumnya sebuah barang elektronika mempunyai ket

ahanan satu tahun pada umumnya. Dan jika sudah lebih dari itu, kemungkinan laptop bekas milik sobat sudah pernah mengalami perbaikan atau pergantian hardware.

4. Periksa Kelengkapan

Membeli laptop bekas pun jangan asal membeli. Penting bagi anda untuk memeriksa kelengkapannya. Kelengkapan disini seperti Dos, tas laptop(kalau ada), nota pembelian, kartu garansi, CD/DVD driver, charger, baterai, dan lain-lain.

kelengkapan laptop bekas
Via dukunlaptopbwi.blogspot.com

Kelengkapan laptop menandakan kualitas pada nilai. Semaking lengkap laptop bekas yang anda miliki. Maka semakin baik pula nilai laptop yang anda beli. Selain itu juga bahwa laptop yang mempunyai dos dan nota pembelian bisa menandakan bahwa laptop tersebut kemungkinan 90% bukan laptop curian.

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan jika laptop anda memiliki banyak kelengkapan adalah jika anda ingin menjualnya lagi nanti. Selain mudah mendapatkan harga yang tinggi, juga akan mudah mendapatkan kepercayaan dari pembeli.

5. Periksa Spesifikasi Laptop Bekas Anda

spesifikasi laptop
Via www.prejobinterview.com

Memeriksa spesifikasi laptop sangat penting agar anda tidak mudah tertipu dengan penjual yang lebih pintar dari anda. Pastikan spesifikasi laptop yang anda beli adalah sesuai dengan yang diberikan oleh penjual atau anda bisa memeriksa spesifikasi laptop tersebut secara online sesuai nomor dan jenis laptop yang akan anda beli.

6. Periksa Kondisi Segel di Laptop

tips membeli laptop bekas
Via www.taktiktop.com

Segel laptop adalah hal sensitif yang paling sering dilupakan oleh pembeli barang bekas. Segel ini biasanya ditempel di bawah dengan menutupi baut laptop. Biasanya diberikan oleh pihak distributor atau penjual laptop resmi untuk mengetahui apakah pembeli membongkar sendiri laptopnya atau tidak.

Dengan segel yang masih utuh ini memberikan jaminan pada laptop bekas yang akan anda beli bahwa laptop belum pernah diservis. Namun jika terkelupas atau ditimpa dengan segel yang lain. Sebaiknya anda mempertimbangkan kembali untuk membeli laptop bekas tersebut.

7. Periksa Bodi Case Laptop

tips membeli laptop bekas
Via laptopdepot.in

Case laptop selain berguna untuk tetap tampil bagus juga dapat memberikan informasi yang berguna untuk kamu. Jika case hanya lecet dikarenakan lamanya pemakaian penjual itu sih bukan sebuah masalah. Namun hati-hati jika terdapat retak terutama case laptop bagian bawah.

Case laptop yang retak menandakan bahwa laptop itu pernah terjatuh atau terinjak. Dan jika yang retak adalah bagian bawah. Ditakutkan jika hardware yang berada didalamnya juga ikut retak sehingga nanti penggunaan tidak akan lama dan anda harus keluarkan uang lagi untuk mengganti hardware yang rusak.

8. Periksa Kondisi Charger dan Baterai Laptop

Kenapa anda memilih sebuah laptop? Bukan komputer yang lebih murah dengan spec yang dapat anda rubah sendiri sesuai kebutuhan? Itu dikarenakan laptop dapat dibawa dan digunakan dimana saja. Untuk itulah memeriksa kondisi charger dan baterai laptop anda.

Sambil mengobrol dengan penjual, kamu bisa mengulur-ulur waktu dengan mengetahui kualitas baterai laptop anda jika dihidupkan tanpa kabel. Selanjutnya, lanjutkan untuk pengecekan charger laptop bekas dengan memasangkannya pada laptop. Lihat apakah baterai laptop terisi dengan normal atau tidak dengan charger yang ada tersebut.

9. Periksa Kondisi Layar Laptop

Kondisi layar biasanya dapat menipu pembeli yang kurang jeli dalam memeriksanya. Kita harus memeriksa apakah kondisi layar buram, ada bintik-bintik, ada dead pixel, dan lain-lain.

Ada dua cara untuk memeriksa layar laptop. Yang pertama untuk memeriksa bintik-bintik atau dead pixel pada layar. Ganti background desktop laptop dengan warna hitam. Jika ada nanti akan terlihat bintik-bintik warna putih di layar anda.

Kedua adalah dengan cara melakukan buka tutup layar disaat kondisi laptop sedang menyala. Ini dilakukan untuk mengecek kabel flexible laptop. Jika tidak terjadi kedipan atau goyangan pada layar. Berarti laptop aman untuk dibeli dan silahkan lanjut ke tips berikutnya.

10. Periksa Tombol Keyboard

tips membeli laptop bekas
Via tech.dbagus.com

Keyboard mempunyai peranan sangat penting karena digunakan untuk segala aktifitas di laptop bekas anda seperti mengetik. Tidak mau bukan jika anda sudah membeli laptop tetapi keyboard tidak berfungsi baik sebagian maupun keseluruhan.

Maka dari itu kalian bisa memeriksanya dengan mengetik dan mencoba seluruh tombol yang ada pada notepad atau ms. Word. Dengan begitu kalian bisa menentukan mau lanjut beli laptop tersebut atau tidak. Oke kita lanjut ke tips berikutnya kawan.

11. Periksa Touch Pad Laptop

Touch pad atau mouse sentuh pada laptop juga alat input yang tak kalah penting selain keyboard. Touch pad digunakan untuk mengoperasikan pointer, berpindah dari jendela satu ke lain dengan mudah. Jadi bagi anda yang kurang mengerti fungsi keyboard untuk navigasi bisa dengan mudah menggunakan touch pad.

Periksa touch pad pada laptop bekas yang akan kalian beli dengan mencobanya. Pastikan lancar, jangan pilih touchpad yang seret, membuat lari-lari sendiri pointer, atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

12. Periksa Kondisi Hardisk

Hardisk digunakan untuk menyimpan data-data sobat. Jadi sangat penting untuk mengetahui apakah masih baik atau sudah lemah, karena hardisk merupakan komponen yang rentan pada kerusakan.

periksa kondisi hardisk
Via sserenity.com

Cara memeriksanya adalah kalian bisa melakukan copy/paste antar folder atau antar partisi di laptop tersebut. Jika proses transfer data lambat, itu menandakan bahwa hardisk memiliki masalah.

Cara lainnya untuk memeriksa hardisk adalah dengan mengaktifkan fitur S.M.A.R.T pada BIOS, atau menggunakan program tambahan yang digunakan untuk mengecek kualitas hardisk pada laptop bekas yang ingin anda beli.

13. Periksa CD/DVD Drive Laptop

CD/DVD drive biasanya digunakan untuk memutar piringan CD/DVD. Sangat penting sekali terutama untuk menginstall driver atau program-program anda yang ada di CD/DVD. Maka dari itu anda juga harus memastikan bahwa ini masih bekerja dengan baik.

Cara memeriksanya adalah dengan memburning sebuah data keadalam piringan CD atau DVD. Jika hasilnya bagus, berarti alat penulis drive anda masih berfungsi dan bagus. Cara ini memang sedikit mengeluarkan biaya. Namun jika anda tidak menyiapkannya, anda cukup memeriksa apakah drive tersebut dapat membaca atau tidak CD/DVD yang anda periksakan.

14. Periksa Speaker dan Port Sound Laptop

Anda yang suka musik pasti tahu kegunaan penting dari komponen ini. Maka dari itu anda harus memeriksanya untuk memastikan bahwa hobi anda untuk mendengar musik menjadi terpenuhi.

Caranya hanya tinggal memutar sebuah lagu atau film untuk melihat apakah sound masih normal. Sedangkan untuk memeriksa port sound normal atau tidak, anda cukup mencolokkan headset atau speaker ke port tersebut. Kalau masih bunyi berarti port sound masih berfungsi.

15. Periksa RAM Laptop

Ram juga sangat penting untuk keberlangsungan laptop bekas anda kedepan. Ram laptop yang bermasalah dan mati membuat laptop anda menjadi blank atau tidak ada tampilan sama sekali. Anda bisa mengecek kesehatan RAM dengan program bantuan seperti memtest86+.

16. Periksa dengan Menggunakannya untuk Program Berat

bermain game di laptop
Via sumsel.info

Untuk mengetahui apakah laptop bekas yang akan anda beli masih bagus performanya atau tidak adalah dengan menjalankan program berat yang dapat menguras kinerja laptop. Misalnya anda mencobanya dengan bermain game 3 dimensi.

Lakukan hal ini setidaknya 30 menit kedepan. Laptop yang bagus akan tetap hidup dan stabil. Periksa juga bagian bawah casingnya, jika kondisinya panas berlebihan atau bahkan tercium bau gosong. Sebaiknya pertimbangkan kembali untuk membeli laptop bekas pilihan anda tersebut.

17. Bawa Teman yang Mengerti tentang Laptop

Tips terakhir untuk kalian yang belum mengerti sepenuhnya cara diatas atau tentang laptop itu sendiri adalah dengan membawa seorang teman yang mengerti. Dengan begitu anda bisa dengan tenang karena teman andalah yang akan berperan untuk memeriksa setiap komponen yang ada pada laptop bekas yang akan anda beli.

Seperti itulah tips yang bisa saya bagi dengan kalian para sahabat Obatrindu dengan mengambil juga dari pengalaman pribadi yang pernah saya alami. Insya Allah teman-teman yang mempraktekkan tips ini tidak akan tertipu atau salah pilih dalam membeli laptop. Namun, tetap berhati-hati juga ya kawan. Tetap meningkatkan kewaspadaan diri kita itu juga penting loh.

9 thoughts on “17 Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tetap Berkualitas

  1. Menarik sekali informasinya gan, tapi sayang lebih baik kalau banyak duit mah beli yang baru aja biar kuat dan memuaskan.

    • sayangnya kan tidak semua orang punya uang lebih gan untuk mencukupi kebutuhan mereka. makanya membeli laptop bekas adalah salah satu solusinya.

  2. Lengkap nih tipsnya, bisa jadi referensi sebelum membeli lptop bekas nih

    • Boleh gan, saya juga nerapin tips ini dan alhamdulillah dapat laptop yg bagus. 🙂

    • Høres jo bare helt fantastisk ut!MÃ¥ være godt Ã¥ fÃ¥ gjordt ting en ikke har hatt tid til før.Nydelige bilder!Og den espalien fra Gunda var jo suttrfloep!!!KlemPS! Vi mÃ¥ avtale en dag, med Trude, og ta den kaffen vi har snakka om!

  3. clean mbah templatemu garai pengen gae WP ae

    • Hahaha… Ayo gawe wp 😁

  4. mimin,, cara cek hardisknya gimana??
    kan posisi hardis laptop didalam,, bantu pencerahannya mimin..
    apa kita harus bongkar laptopnya or bisa di cek via another ??

    • Lah itu kan sudah aku sertakan gan.
      Bisa dngan cara lakukan transfer data yg besar antar masing2 local disk.

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar