5 Tips Sederhana untuk Menata Ruang Tamu Kecil

Tips Menata Ruang Tamu Kecil – Tanah yang kian sempit namun semakin mahal setiap tahunnya membuat kita rela membeli dan membangun rumah di tanah yang terbatas tersebut. Rumah tipe minimalis pun dibangun dengan memanfaatkan setiap inci yang ada agar dihasilkan ruangan yang lengkap.

Hal itu menyebabkan ruangan terbagi menjadi kelompok kecil yang sempit dan terbatas. Bahkan ruang tamu yang merupakan wajah awal rumah kita, menjadi ruang yang terbatas dan menjadi tak nyaman jika harus membuat tamu kita berdesakan.

Namun kalian tidak perlu khawatir. Dengan keterbatasan ruang tersebut kalian bisa menciptakan ruangan yang memberikan kesan damai, santai, harmonis, dan nyaman untuk setiap tamu yang datang ke rumah kalian.

Berikut ini Obatrindu akan memberikan beberapa tips kreatif tentang bagaimana menata ruang tamu kecil agar terlihat lebih luas dan nyaman. Tentunya dengan beberapa langkah yang mudah untuk dilakukan dan tidak akan membuat kantong anda menjadi tipis.

Gunakan Furniture Minimalis

Memilih furniture atau perabotan minimalis tentunya sangat disarankan dengan keadaan ruangan yang terbatas. Selain menambah ruang kosong, ini membuat sirkulasi udara di ruangan tamu anda menjadi lebih lancar. Dan tamu yang datang tidak akan khawatir rumah anda kepenuhan dan tidak ada tempat lagi buat mereka.

dekorasi ruang tamu minimalis
Hanya terdiri dari satu sofa, kursi, dua buah meja dan lampu di sudut ruangan. Minimalis namun nyaman untuk dipandang. Via homedesignlover.com

Pilihlah jenis furniture yang kecil, simpel, dan tepat untuk ruang tamu kalian. Jika ukurannya memanjang,  kalian bisa menggunakan model ruang tamu sudut atau ruang tamu sejajar yang berhadapan satu sama lain.

dekorasi ruang tamu minimalis
Memanfaatkan ruangan yang panjang untuk desain ruang tamu yang nyaman. Via homedesignlover.com

Untuk meja ruang tamu Obatrindu sarankan anda memilih meja yang dilengkapi dengan rak penyimpanan barang. Memudahkan anda untuk menyimpan benda seperti majalah, koran, dan sejenisnya agar tetap rapi.

READ  14 Cara Kreatif Menghias Kamar Tidur Anda

Jika perlu tambahkan lampu meja minimalis untuk menambah kesan manis pada ruang tamu anda.

Pemberian Warna yang Tepat Memberikan Kesan Luas

Warna merupakan bagian terpenting dalam memberikan dampak keindahan. Mempengaruhi secara psikologis terhadap tamu kita yang datang berkunjung ke rumah kita. Memberikan warna yang salah malah akan membuat ruang tamu anda bertambah kecil dan sempit dan bahkan membuat tamu yang berkunjung ke rumah anda merasa tidak nyaman.

dekorasi ruang tamu minimalis
Desain interior dengan warna merah cerah. Via homedesignlover.com

Warna netral dan cerah, seperti warna putih atau krem sangat saya sarankan untuk kalian pakai di ruang tamu kecil anda. Karena warna ini memberikan kesan luas dan bersih. Mengatakan kepada tamu anda bahwa anda orang yang menjaga kerapian.

Hindari warna yang gelap karena itu malah akan menambah efek gelap, sempit, dan pengap. Tidak mau bukan jika tamu anda lekas pergi bahkan enggan untuk datang ke rumah anda.

dekorasi ruang tamu minimalis
Walpaper motif pohon pada ruang tamu minimalis. Via www.rumahinterior.co.id

Anda juga bisa menambahkan wallpaper pada dinding dengan warna yang terlihat netral juga agar lebih menambah kesan indah pada ruang tamu.

Tampil Sesederhana Mungkin

Desain interior yang kecil dan sederhana tetapi dapat memberikan kesan yang dalam terhadap tamu yang berkunjung maupun anda sendiri sebagai pemilik rumah sangat bisa diwujudkan.

dekorasi ruang tamu minimalis
Perpaduan warna dan furniture sofa yang serasi membuat nyaman untuk dinikmati. Via www.dirumahku.com

Pilih cat tembok warna putih atau cerah lainnya dipadukan dengan sofa kecil sederhana. Tambahkan bantal kecil untuk kenyamanan tamu anda. Anda bisa menggabungkan gaya klasik dan modern  namun tetap konsisten untuk kesederhanaan yang ada.

dekorasi ruang tamu minimalis
Desain ruang tamu minimalis dengan skat tambahan diantara ruang tamu dan ruang keluarga. Via rumahminimalisanda.com.

Menggabungkan ruang tamu dan keluarga juga menghemat ruang yang ada. Cukup batasi dengan skat atau gorden tipis pada jendela untuk menambah kesan sejuk pada ruangan tamu kalian.

Manfaatkan Cermin

dekorasi ruang tamu minimalis
Penambahan kaca pada ruang tamu minimalis memberikan kesan lebih luas. Via flipboard.com

Menambah sebuah kaca lebar di ruang tamu anda juga menjadi salah satu cara untuk membuat ruang tamu anda menjadi terlihat lebih luas dari yang seharusnya.

READ  Tips Membangun Rumah Minimalis Murah Mewah Dan Berkualitas

Pilih sebuah kaca khusus ruangan dengan desain minimalis di salah satu sisi dinding ruang tamu anda untuk memberikan kesan ini.

Menambahkan Aksesoris Ruangan

Aksesoris merupakan salah satu faktor yang dapat menambah nilai keindahan pada ruangan termasuk ruang tamu. Namun ruang tamu yang sempit terkadang membuat kita enggan untuk menambahkannya. Dan ada pula yang memaksakan namun malah menambah kesan sempit dan berantakan pada ruang tamunya.

dekorasi ruang tamu minimalis
Menambahkan lukisan pada ruang tamu minimalis untuk menambah kesan artistik. Via blog.livaza.com

Itu biasanya didasari oleh pemilihan aksesoris dan penempatan yang salah. Pilih sebuah aksesoris yang tidak memakan tempat. Misalnya saja anda bisa menambahkan sebuah lukisan atau sebuah lampu hias mungil yang indah.

Lukisan yang dipilih pun usahakan bertema abstrak atau geometris. Dan untuk lampu hias bisa anda taruh di samping sofa sebagai penerang tambahan ketika ada tamu yang membaca majalah yang anda sediakan.

Nah, bagaimana menurut anda? Apakah sudah berhasil membuka ide cemerlang anda untuk memanfaatkan ruang tamu kecil yang anda punya menjadi sebuah sajian kenyamanan utama bagi tamu penting anda?

Obatrindu harap semua hal diatas berguna dan dapat diterapkan sebaik-baiknya. Jika kalian mempunyai ide brilian lain, kalian bisa sampaikan ke email atau pos komentar di bawah.

Tetap semangat kawan.

 

1 thought on “5 Tips Sederhana untuk Menata Ruang Tamu Kecil

Tinggalkan Pesan di Kolom Komentar

%d bloggers like this: